Irigasi Sungai

Mukomuko (Antara) -Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menargetkan pembangunan jaringan irigasi dam parit selesai 60 hari, terhitung sejak penandatangan kontrak kerja pengadaan barang dan jasa pemerintah.

"Seperti pengalaman tahun sebelumnya pembangunan dam parit itu selesai selama 60 hari atau dua bulan," kata Kabid Prasarana dan Sarana Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko Elxandi, di Mukomuko, Minggu.

Pemerintah setempat tahun ini akann membangun sebanyak 25 jaringan irigasi dam parit dalam kawasan irigasi teknis dan 10 ruas jalan usaha tani dan jalan usaha produksi perkebunan.

Ia menyatakan, tidak khawatir pekerjaan pembangunan irigasi dam parit dan pembangunan jalan iusaha tabi dan perkebunan baru berjalan pada memasuki musim hujan sekarang ini. 

Karena, menurutnya, pihak rekanan atau kontraktor pengadaan barang dan jasa pemerintah di daerah itu sudah punya solusi sendiri untuk mengatasinya.

"Kalau buat jaring tersier, rekanan bisa menutup bangunan yang baru menggunakan tarpal. Agar bangunan tidal terkena hujan," ujarnya.

Menurutnya, selama musim hujan sekarang ini pembangunan jaringan irigasi dapat dikerjakan secara bertahap sampai selesai. 

Menurutnya, apabila diperlukan, waktu penerjaannya bisa diperpanjang. Sesuai dengan kondisi cuaca saat sekarang ini. 

"Kalau butuh penambahan waktu, rekanan tinggal mengajukan dengan ketentuan ada keterangan cuaca dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG)," ujarnya.***3**

Editor: Musriadi

Dikutip dari Antara